Monday, August 18, 2008

How to start Siput's business [1]




Tulisan ini sengaja saya buat untuk seorang teman yang menggunakan nama Siput [pengisi buku tamu di blog ini] yang kepingin dibantu untuk memulai bisnis tapi nggak tahu mau bisnis apaan.


Sebenarnya agak sulit juga bagi saya untuk membantunya, karena jujur saja selain masih belajar untuk jadi pengusaha saya nggak tahu passion dan tujuan mr. Siput kepingin bisnis ini ke mana? Tapi saya akan mencoba untuk sharing pengalaman tatkala pertama dulu kepingin punya usaha dan bagaimana saya berpetualang trial & error untuk bisa punya usaha sendiri.


Invest your time before invest your money

Sebaiknya sebelum invest uang Anda ke bisnis, invest dulu waktu Anda Maksudnya, alangkah baiknya membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan membuka wawasan di bidang kewirausahaan. Perlu waktu yang cukup banyak untuk mempelajari pengetahuan di bidang yang satu ini.


Banyak kok peluang yang bisa kita coba untuk memulai sebuah usaha. Coba luangkan waktu dan datangi toko buku, lalu cari ke bagian buku-buku, majalah, dan tabloid yang membahas entrepreneurship, saya jamin dari situ wawasan untuk memulai usaha akan mulai terbuka.


Focus to dreams

Untuk menjadi sukses, kita semua memang wajib punya impian. Saat berkutat dengan berbagai bacaan & wawasan bisnis, pastinya akan banyak impian-impian yang bakalan hadir mengganggu pikiran kita. Cobalah untuk memfokuskan segala energi kita ke salah satu impian yang setelah melalui berbagai perenungan, kita yakini akan dapat kita wujudkan. Gali terus ide di sekitar impian yang ingin diwujudkan tsb.


Cara yang paling mudah adalah mencoba membayangkan bisnis yang memang hendak ditekuni. Misal, kepingin punya usaha toko mainan anak-anak [toys store]. Bayangkan mulai dari mana? Modalnya berapa? Sumbernya dari mana? Berapa yang kita mampu sediakan? Bagaimana cara cerdas mencari modalnya? Kalau belum punya toko ya bayangin aja jualan door to door di depan sekolah, atau dititip di kios-kios dekat tempat tinggal, atau datangi kumpulan arisan ibu-ibu TK, dsb. Bayangkan ke mana mesti kulakan barangnya [cari tahu yang paling kompetitif], Bayangkan juga jenis mainan yang berpeluang disukai anak-anak, Bayangkan bagaimana senangnya punya usaha mainan ini. Terus bayangkan lagi nikmatnya memperoleh margin keuntungan dari usaha ini. Pokoknya terus bayangkan… dan bayangkan. Namun jangan lupa untuk menuliskan semua yang dibayangkan tadi, sambil terus digali & dianalisa. Yakin secara perlahan tapi pasti, kita akan memiliki sebuah ‘rencana bisnis’ di bidang mainan anak-anak.


Jangan lupa pula untuk memperbanyak pengetahuan dari pengalaman para pebisnis yang sudah sukses di bidang tsb. Tentunya, bisa dipelajari dari berbagai tulisan maupun buku kisah sukses para entrepreneur yang ada. Banyak contoh para pengusaha sukses yang menekuni bisnisnya secara focus, konsisten, sabar, ulet dan terus belajar dari kesalahan yang muncul.


Be follower

Banyak juga pengusaha yang sukses dengan metode ATM [amati, tiru, dan mulai]. Saat memulai bisnis kontrakan, saya amati & pelajari hampir semua rumah kontrakan yang ada di dekat kompleks tempat tinggal saya. Saya pelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing, sistemnya, sampai bentuk bangunannya. Akhirnya, saya membangun rumah kontrakan saya dengan berbagai kelebihan jika dibanding dengan rumah kontrakan lain yang ada di sekitarnya.


Jadi nggak perlu merasa malu untuk menjadi follower, asalkan kita mampu untuk bersaing dan keluar dari kerumunan. Banyak contoh bagaimana orang memulai usaha jualan voucher & pulsa isi ulang yang akhirnya mampu menjadi pengusaha sukses.


Take action, miracle happens

Kalau sudah yakin dengan bidang usaha yang akan ditekuni, ya langsung aja take action. Karena hanya satu resep sukses untuk berbisnis : Action.....action...dan action. Namun mulailah dari yang kira-kira disukai, dengan modal semampunya. Ingat, tanpa memulai take action, kita tidak akan pernah belajar. Dan banyak kok pengusaha yang setelah mencoba take action ternyata akhirnya menemukan ‘keberuntungan’ yang tadinya tidak pernah terbayangkan sama sekali.

Silakan segera take action mr. Siput. Kalau sudah ada keinginan pasti ada jalan. Jangan sampai kelamaan 'mikir' akhirnya jalannya lambat merayap seperti siput beneran, hehehe... just kidding lho!


Demikian sharing kali ini. Mohon maaf buat temans yang mungkin sudah bosan membaca isi tulisan yang seperti ini. Semoga sharing saya buat mr. Siput dapat bermanfaat. Bukan maksud saya untuk mengajari atau menggurui lho, truly apa yang saya sharing berangkat dari niat baik dan ajang tukar pengalaman.

No comments: