Sunday, November 25, 2007

Energi positif dari kata-kata bijak

Di awal-awal dulu tatkala kepingin memulai punya usaha sendiri, saya sangat rajin mengumpulkan kata-kata bijak dari para tokoh yang telah sukses di bidangnya. Untuk apa sih? Bagi saya pribadi kata-kata bijak tsb. sangat inspiratif sekali. Seringkali memberi ‘pupuk’ yang membesarkan semangat. Karena dari kata-kata bijak tsb. tersirat betapa hebatnya perjuangan tokoh yang bersangkutan tatkala jatuh bangun untuk mewujudkan ‘impiannya’.

Kata-kata bijak, atau saya lebih senang mengkategorikannya ke golongan the powerful words, yang saya sukai, karena maknanya sangat mendalam dan mampu memberi energi positif, saya kumpulkan lalu saya bingkai dan gantung di dinding. Jadi setiap kali terlihat oleh mata akan langsung terbaca, dan saat itu mengalirlah semangat ke darah saya. Inilah beberapa kata-kata bijak yang selalu memberikan energi positif ke dalam diri saya hingga saat ini.

‘Sukses tidak datang kepadamu, kamu sendirilah yang harus mendatanginya’ [by Wally Amos, pendiri Famous Amos]
Dari the powerful words ini at least saya sadar banget bahwa kalau mau berhasil di bidang apapun yang kita mau ya harus berusaha dan kerja cerdas. So, kalau semangat mulai kendor, otomatis diingatkan selalu bahwa apapun ‘impian’ yang hendak kita raih haruslah diusahakan terus menerus dengan effort yang maksimal pula.

‘Belajarlah dari kesalahan, tetapi jangan berbuat kesalahan yang sama dua kali’ [by Akio Morita, pendiri Sony Corporation]
Yang ini juga selalu jadi penghibur tatkala usaha toko seluler saya harus ‘bubar’. Karena dari kegagalan tsb. saya mampu melihatnya sebagai pelajaran berharga yang jangan sampai terulang kembali. Ibarat belajar naik sepeda terjatuh, ya jangan sampai terjatuh lagi. Saya pun berhasil menganggap sebuah kegagalan sebagai sebuah proses belajar agar nantinya lebih berhati-hati.

’Kegagalan terbesar adalah apabila kita tidak pernah mencoba’ [by Robyn Allan, CEO British Columbia]
The powerless words ini, yang sangat berjasa bagi diri saya pribadi tatkala pertama kali mulai take action. [baca postingan saya di blog ini di bulan Mei 2007 dengan judul ‘Tonggak perjalanan bisnisku, sebuah catatan yang tercecer’]. Pertama kali saya kepingin punya usaha sendiri banyak lho yang meragukannya. Dan sempat bikin grogi perasaan saya [jadi maju mundur gitu…]. Tapi berkat kata-kata bijak yang ini, kok akhirnya saya punya ‘keteguhan hati’ untuk berani mencoba punya usaha sendiri.

’Rumuskanlah dengan jelas apa yang engkau cita-citakan, lalu melangkahlah ke sana’ [by Norman Vincent Peale, Writer]
Dari rangkaian kata di atas, saya belajar banyak tentang pentingnya punya ‘impian’, bagaimana kita memikirkan strategi untuk mewujudkannya, memperhitungkan segala kemungkinannya, lalu take action.

Sebenarnya masih banyak kata-kata bijak yang bersumber dari para tokoh kelas dunia yang berguna banget sebagai the powerful words, sebagai energi positif dan sebagai suntikan semangat bagi diri kita. Tapi dari sekian banyak tersebut saya mencoba menyederhanakannya. Bahwa yang paling penting itu justru berasal dari dalam diri kita, dan sebenarnya sudah ada di dalam diri kita, tinggal bagaimana caranya untuk membangkitkannya. Rangkaian katanya sebagai berikut :

”Keteguhan hati adalah sumber kekuatan pribadi ‘tuk mewujudkan ‘mimpi’!”
Logikanya, kita semua sudah dibekali oleh Allah SWT kemampuan yang tak terhingga, tinggal bagaimana caranya kita menggali kekuatan tsb. Tanpa keteguhan hati atau tekad yang kuat segala effort kita juga tak akan pernah mencapai hasil yang maksimal. Bayangkan saja, tanpa tekad yang kuat atau keteguhan hati ini, ‘mimpi’ sebesar apapun, ide bisnis sebagus apapun, peluang usaha yang ada di depan mata pun tak akan pernah dapat terwujud. Karena yang namanya memulai usaha selalu akan terbentur oleh hambatan-hambatan yang harus dihadapi dengan tekad kuat & keteguhan hati untuk mencari jalan keluarnya.

Perlu saya tegaskan lagi bahwa hanya keteguhan hati atau tekad yang kuatlah yang mampu membawa kita menuju sukses di dunia bisnis. Bukan bakat, karena ada banyak orang berbakat yang mengalami kegagalan. Bukan kekayaan, banyak yang terlahir dengan kekayaan melimpah tetapi meninggal dalam kemiskinan. Bukan kepandaian, berapa banyak orang yang pandai di bangku sekolah tetapi gagal saat mencoba menjadi pengusaha. Bukan pula keberuntungan, karena yang namanya keberhasilan di dunia usaha selalu harus melalui kerja keras dan kerja cerdas. Buktikan.

Semoga sharing yang bersumber dari pengalaman pribadi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Tetap semangat untuk bersama menebar rahmat!

Endro Wahyu M
TNM-E20 [mastermind JakTim]
endrowm@yahoo.com

"keteguhan hati adalah sumber kekuatan pribadi 'tuk mewujudkan mimpi"

No comments: