Saturday, June 16, 2007

Kita memang harus kaya.

Bagi yang sering mengikuti dakwah Aa Gym, pasti sudah sering mendengar anjurannya bahwa kita sebagai penganut muslim memang harus kaya & kecukupan. Kalau dulu sepertinya kita kok tabu ya bicara tentang kekayaan. Seolah-olah kok terkait dengan kesombongan dan keserakahan. Bahkan untuk bicara tentang 'kaya' seringkali diperhalus menjadi ‘kecukupan’.

Namun saat ini, seiring dengan kemajuan budaya komunikasi dan informasi yang terbuka luas, bicara tentang kekayaan kok rasanya biasa saja. Saya sangat setuju sekali bahwa umat Islam harus kaya. Rasulullah pun juga menganjurkan kepada umatnya agar berniaga dan mengumpulkan kekayaan asalkan tetap bertakwa.

Jadi kenapa sebagai muslim kita harus kaya menjadi gamblang logikan berpikirnya.

1. Bayangkan saja, setiap aktivitas ibadah kita sebagai umat Islam pastilah membutuhkan fasilitas-fasilitas termasuk dukungan finansial agar dapat dilakukan secara sempurna. Harus menutup aurat dengan pakaian yang bersih, kalau kita tak punya uang untuk membelinya kan jadi repot. Bagaimana bisa shalat dengan tenang kalau perut lapar, anak menangis minta susu. Bagaimana bisa bersedekah, menyantuni fakir miskin, berhaji ke baitullaah yang memerlukan biaya cukup besar.

2. Bagaimana dapat menyekolahkan anak-anak untuk menuntut ilmu bila tak ada kekayaan sama sekali. Bila generasi penerus kita pendidikannya rendah berarti akses ke bidang intelektual di masa mendatang pun menjadi terhambat, karena pendidikan di era informasi seperti saat ini memerlukan biaya yang sangat tinggi. Padahal pendidikan sangat terkait erat dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada umumnya. Bila pendidikan tidak terjangkau oleh umat karena problem ekonomi tadi maka dampak ke depannya adalah hilangnya generasi Islam yang berkualitas.

So tidak ada salahnya kita mengharap dan bekerja keras menjemput rejeki untuk bisa jadi kaya, asalkan niat dan cara mendapatkannya benar dan halal. Kekayaan bagi kita sangat berguna untuk menopang hidup. Selebihnya bisa dibelanjakan dalam hal kebaikan demi mengharapkan ridha Allah. Semoga.

Endro Wahyu M
TNM-E20 [mastermind Jakarta Timur]
endrowm@yahoo.com

'uang akan muncul di tempat orang-orang yang mencarinya'

No comments: