Thursday, April 10, 2008

Merek atau brand paling berpengaruh di dunia….


Mau tahu merek atau brand apa yang memiliki pengaruh paling besar terhadap konsumen di dunia?


Surprise banget, ternyata merek yang paling ‘berkenan di hati’ konsumen dunia tsb. adalah Apple. Merek berlambang buah apel ini memperoleh suara terbanyak saat diadakan survey oleh majalah online brandchannel.com kepada 2000 pembacanya di 107 negara.

Apple juga didaulat sebagai merek yang paling inspiratif di dalam kehidupan bagi para penggunanya. Bahkan saking inspiratifnya dan begitu ‘melekat di hati’ digambarkan seolah-olah mereka tak dapat hidup tanpa Apple. Benar-benar sebuah ‘temuan’ consumer insight’ yang begitu luar biasa buat Apple.

Jujur saja, kita semua pasti juga mengakui keunggulan merek atau brand Apple ini. Komputer jinjingnya, i-pod nya, telah berhasil menjadi trendsetter baik di dunia maupun di Indonesia. Dan ini juga membuktikan bahwa merek atau brand yang kuat secara otomatis juga akan menciptakan kepercayaan serta image akan kualitas yang lebih baik ketimbang merek atau brand yang ‘biasa-biasa saja’.

Merek lain yang juga dinilai inspiratif adalah : Nike, Coca Cola, Google, dan Starbucks.

Kalau ditelisik lebih jauh, apa sih sebenarnya yang membuat sebuah merek atau brand menjadi hebat?

Philip Kotler yang terkenal sebagai pakarnya Marketing mensyaratkan adanya 5 faktor yang harus dimiliki oleh merek atau brand kalau kepingin bisa ‘hebat’.


  1. Merek harus dapat mencerminkan atribut-atribut tertentu : fitur produk, style dsb. ke dalam benak konsumen.
  2. Merek harus harus bisa menonjolkan satu atau lebih keunggulan utamanya. Misal, Volvo selalu dikonotasikan dengan safety. Apple dikonotasikan dengan kemudahan pemakaian.
  3. Merek tsb. juga harus bisa di-visual -kan karakteristiknya seolah-olah sebagai seorang manusia. Apple kalau ‘diorangkan’ seakan-akan adalah manusia yang berusia 20- an, young, trendy, modern, dsb.
  4. Merek juga harus bisa mencerminkan sesuatu yang berkenaan dengan value perusahaan. Seberapa inovatif perusahaan tsb? Seberapa responsive terhadap konsumennya? Apakah memiliki kesadaran social yang tinggi? Apakah produknya ramah lingkungan? Dsb.
  5. Merek yang kuat mampu memberikan gambaran tentang para pengguna merek tsb. Apakah mereka kalangan muda yang antusias? Atau mereka golongan berumur yang sudah mapan?

Agar sebuah merek atau brand bisa berkembang dan sukses sebagai pilihan konsumen secara jangka panjang, para pemilik merek harus mampu mengembangkan ke-5 faktor di atas. Dan ingat, yang namanya merek ‘hebat’ secara langsung mampu memunculkan image, ekspektasi, dan performance yang dijanjikan.

Mungkinkah merek ‘made in Indonesia’ mampu menjadi merek atau brand yang paling ‘melekat di hati konsumen’ dunia? Jawabannya berpulang kepada ‘kerja keras’ dan ‘kerja cerdas’ para pemiliknya. Siapa tahu 10 tahun ke depan ‘dream’ seperti ini bisa terwujud, merek atau brand milik salah satu di antara kita dapat ‘go international’. Semoga.

No comments: