Sunday, January 13, 2008

2nd Steps [si Komatsu] in Probation Periods

Tanggal 7 Januari 2007 lalu, usaha rental excavator kami memasuki masa pembayaran cicilannya yang kedua. Alhamdulillah, pembayaran dari klien juga masih lancar sehingga kami pun dapat membayar cicilan leasingnya juga tepat waktu. Di usianya yang masih di second steps [istilah kami untuk pembayaran cicilan leasingnya], tak lupa kami lakukan evaluasi singkat seputar perkembangan usaha ini. [Kan memang masih dalam probation periods atau masa percobaan].

Ada beberapa catatan yang menjadi masukan penting bagi usaha ini. Di pertengahan bulan Desember 2007 yang lalu, excavator pernah mengalami problem dengan pecahnya selang hydraulic-nya. Saat itu semua kegiatan menjadi terhenti selama 2 hari, untuk mencari spare parts dan perbaikan. Dan untungnya problem itu bisa diatasi team mechanic kami dalam 2 hari saja. Seandainya kerusakan lewat dari 1 minggu, kami harus mencarikan gantinya. Padahal, setelah kami survey untuk menyewa excavator dari rental lain minimal harus kontrak selama 6 bulan. Wuah, dapat insight baru nich. Idealnya, kalau terjun ke bisnis yang satu ini, kita harus punya back up unit excavator sendiri [semoga LoA kami bisa terwujud, Amin]. Tapi kan kemarin kami hanya modal nekad saja. Bisa beli [lewat leasing] 1 unit saja sudah harus disyukuri.

Kejadian tsb. juga patut untuk disyukuri [positive thinking gitu lho…]. Karena dengan demikian kami menjadi tahu kelemahan-kelemahan yang ada. Ternyata tantangannya berat juga ya? Tapi kalau kepingin maju kan harus siap menghadapi tantangannya. Jadi saat ini, kami harus banyak berdoa dan mengingatkan team yang ada di lapangan agar selalu menjaga, memperlakukan serta merawat excavator tsb. seperti diri mereka sendiri, untuk memperkecil kemungkinan terjadi kerusakan yang berasal dari factor si operatornya. Kalau kerusakan terjadi di luar batas kemampuan manusia, ya namanya force majeure.

Dari pengalaman tsb., akhirnya kami juga re-check ke fihak Komatsu, apa saja spare parts yang biasanya & sering terjadi trouble di lapangan [sesuai catatan mereka selama ini], agar kami bisa menyediakan stock spare parts-nya. Jadi kalau ada kerusakan lagi yang kecil-kecil bisa langsung diatasi dalam waktu yang cukup singkat, dan tidak menggangu kegiatan operasionalnya di lapangan.

Kesimpulan sementara, menekuni usaha apapun selalu ada kesulitan dan tantangannya [tidak ada usaha yang bisa langsung sukses semudah kita membalik telapak tangan]. Tinggal bagaimana kita siap atau tidak menghadapi dan mencari jalan keluarnya. Setiap step atau langkah perkembangan dari sebuah usaha adalah proses belajar. Untuk itu mau atau tidak kita belajar dari semua problem yang muncul di tengah perjalanan bisnis tsb. Dan yang terpenting, harus tetap optimis dan positive thinking.

Demikian up-date terbaru dari usaha rental excavator kami, semoga sharing kali ini bermanfaat bagi kami dan Anda semua.

1 comment:

Unknown said...

bisa kirim contoh gambar selang hidroulic ga ke emaiL saya di fann1908@yaho.co.id ??????????