Friday, March 28, 2008

Cobalah berpikir jahil, iseng & nyleneh



Bukan maksud saya untuk mengajak Anda mengisengi & menjahili orang lho… Tapi memang ajakan agar jahil, iseng & nyleneh untuk diri sendiri masing-masing. Kalau kita mau kreatif dan punya ide-ide yang liar dan keluar dari pakem, syarat inilah yang minimal harus dipenuhi terlebih dahulu. Jadi pikiran kita harus diajak ‘nakal’ dan ‘nggak gampang puas’, tentunya agar bisa menemukan ide-ide yang outstanding. Saya memang mewajibkan kepada diri pribadi agar di sela-sela waktu senggang [daripada ngelamun] untuk menerapkan metode berpikir ‘liar’, jahil, iseng & nyeleneh ini.

Tulisan ini untuk melengkapi 2 tulisan sebelumnya tentang brand name & slogan.

Pikiran jahil, iseng & nyleneh setidaknya akan membawa kita untuk selalu mengutak-ngatik ide atau segala hal yang selama ini sudah dianggap mapan. Terus, ‘jangan gampang puas’, sehingga memacu untuk terus mencari dan mencari ide-ide segar yang baru. Hasilnya, apa yang kita pikirkan dan ciptakan akan menjadi ‘to be different’ dan keluar dari pakem.

Kalau kita cermati, hampir semua usaha yang saat ini exist dan berjaya adalah hasil dari pola berpikir seperti ini. Memang tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi bila ada kemauan yang keras diiringi dengan ‘doa’, saya yakin akan banyak lahir ide-ide usaha yang bakalan ‘keluar dari pakem’. Hanya masalah waktu saja yang akan membuktikannya. Apalagi ditambah dengan mulai berjangkitnya virus semangat entrepreneurship di kalangan kelas menengah ke atas dan terpelajar, yang kian marak akhir-akhir ini. Pastinya, akan seperti bola salju, yang akan bergulir semakin lama semakin membesar.

Inilah beberapa contoh hasil dari berpikir jahil, iseng & nyleneh :

Es Teler 77, Soto Gebraaaak , Rawon Setan, Rumah makan mbah Jingkrak, Nasi goreng Gila, Bakso Rudal, Bubur Ayam Ceker, Klenger Burger, Obonk Steak, Waroeng Bebek Krathon, T-Shirt Dagadu [matamu], Depo Bangunan, Toko Babe [barang bekas], Markaz Ritel, Laundry Kiloan, Terminal Tiket, Kids2Success, dan masih banyak lagi.

Semoga daftar ini bertambah banyak lagi nantinya dengan usaha milik Anda semua. Amin.
Ayo manfaatkan waktu luang untuk ‘think different and act excellent’ sambil tetap semangat dan enjoy aja!

1 comment:

Gangsar79 said...

hallo salam kenal dari gangsar79,berpikir nyleneh memang penting dalam membangun usaha apalagi di era sekarang ini yang banyak sekali usaha sudah dijalankan,jadi dengan berpikir nyleneh membuat usaha kita jadi lain dari yang lain